Kekhidmatan Haul K.H. Ghufron Aly Tahun 2022 dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Madsadafa – Pelaksanaan puncak haul K.H. Ghufron Aly berlangsung secara lancar pada Sabtu (26/02/2022) dengan mematuhi protokol kesehatan. Rangkaian puncak acara tersebut antara lain prosesi penyerahan ijazah bagi wisudawan dan pengajian oleh K.H. Muhsin Ghozali dari PP Al-Ghozali Bolu Karangrejo dan K.H. Drs. Khasanun, M. Ag. dari Ponorogo. Kegiatan puncak berlangsung secara luring sekaligus daring.

Rangkaian acara haul sudah berlangsung sejak Kamis (24/2/2022). Mulai dari Khotmil Quran, Hadrah Ishari, reuni alumni, wisuda, sampai acara puncaknya, yaitu Pengajian. Khotmil Quran berlangsung pada 24 Februari 2022 pagi. Hadrah Ishari berlangsung pada 25 Februari, Jumat malam Sabtu. Sedangkan reuni alumni, wisuda, dan pengajian berlangsung pada 26 Februari 2022. Demikian rangkaian acara haul hingga puncaknya, dapat berlangsung secara lancar walaupun venue sempat basah oleh hujan.

Penggunaan protokol kesehatan menjadi perhatian bagi para tamu yang hadir, mengingat saat ini pandemi masih belum berakhir. Kewaspadaan harus tetap terjaga demi kesehatan masing-masing. Pandemi tak membatasi antusias masyarakat untuk mengikuti acara pengajian. Masyarakat dapat mengikuti acara secara langsung di halaman utama PP Darul Falah dengan penerapan prokes atau menyaksikan secara virtual, streaming Youtube.

Saat menyampaikan sambutan, K.H. Munawwar Zuhri mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir. Menurutnya kehadiran wali santri merupakan bentuk tambahan doa bagi santri agar istiqomah sampai selesai jenjang pendidikan di YPP Darul Falah.

“…Kersane tambah dunga pangestu saking panjenengan sami, Mugi-mugi santri ingkang istiqomah, betah, ngantos rampung jenjang pendidikan wonten mahad Aly menika, estu-estu  dados putra- putri ingkang sholih-shalihah, barokah manfaat ilmunipun, wiwit dunya ngantos akhiratipun,” tutur pengasuh YPP Darul Falah, yang akrab disapa Gus Zuhri.

 

K.H. Munawwar Zuhri saat menyampaikan sambutan.

Haul K.H. Ghufron Aly tahun ini bertepatan dengan mendak pertama Ibu Nyai Hj. Nurul Khotimah. Dengan segenap persiapan yang dilakukan oleh panitia dan berkat bantuan para wali santri, acara tersebut dapat terlaksana selama tiga hari berturut-turut tanpa kendala yang berarti. Semua pihak yang terlibat dalam acara merasa senang dan bersyukur atas pelaksanaan rutinan haul ini, termasuk santri. Bagi santri haul merupakan momen yang membahagiakan karena dapat bertemu walinya secara langsung dan dapat menikmati kemeriahan acaranya. Selain itu, salah satu yang menyenangkan bagi mereka adalah saat menerima bingkisan, hadiah, makanan, atau sejenis oleh-oleh lainnya dari orang tua. (nan)

cokie Menerima